menampilkan file .htaccess

Cara Ganti Time Zone di Cpanel

Banyak hutang dimana-mana! Dan kali ini saya mau ‘bayar hutang’ dulu kepada teman saya. Yang bebrapa waktu lalu minta tutorial cara mengganti zona waktu di hosting-nya dia. Meskipun masalah merubah time zone server ini sudah kami bahas dan selesai via chat, tapi saya kadung janji untuk menulis artikel tentang ini.

Sebelumnya, saya mau curhat sedikit,,
“Manusia hanya bisa berencana, dan kenyataannya Tuhan-lah yang menentukan. Awal membuat blog ini saya berencana untuk sering nulis disini. Tapi apa daya, banyak pekerjaan lain yang harus ditangani lebih dulu. Alhasil, mungkin ada-dari kamu yang lagi nunggu lanjutan artikel saya tentang Membuat Form Order Langsung ke WhatsApp? Mohon maaf saya belum sempat melanjutkannya. Tapi saya usahakan secepatnya.”

Cara Mudah Mengubah Time Zone Server di CPanel

Kembail ke pokok pembahasan kita kali ini. Yaitu bagaimana cara termudah untuk mengganti time zone default server. Dan disini saya akan menunjukan bagaimana cara mennganti time zone server melalui CPanel, lebih tepatnya adalah menggunakan file .htaccess.

Oke, langsung saja! Ini dia.. Cara merubah time zone server melalui cpanel dengan file .htaccess.

1. Login ke CPanel

Langkah pertama, tentu saja kita perlu masuk ke CPanel website kita. Disini saya menggunakan hosting dari Niagahoster. Tidak masalah kalau hosting kamu berada di penyedia hosting lain. Insyaallah tampilannya tidak jauh berbeda.

file manager di cpanel
File manager di cpanel

Setelah login ke CPanel, kemudian kita klik menu File Manager untuk membuka root direktori dari website kita.

2. Buat / Edit File .htaccess

Setelah itu, kita akan diarahkan ke root direktori website kita. Cari folder public_html kemudian dobel klik untuk membukannya. Folder public_html ini adalah folder default untuk menyimpan file direktori website kita. Kalau file website kamu ada di folder lain, silakan disesuaikan. Tapi secara default, biasanya ada di folder public_html ini.

Carilah file bernama .htaccess. Jika tidak ada, jangan buru-buru membuatnya. Coba cek lagi, apakah hosting kita sudah menampilkan hidden files. Cara mengeceknya, klik tombol Settings di pojok kanan atas. Lalu akan muncul popup, dan centang yang “Show Hidden Files (dotfiles)”. Lalu tekan Save.

Menampilkan file tersembunyi di direktori CPanel
Menampilkan file tersembunyi di direktori CPanel

Kalau memang belum ada file .htaccess, silakan kamu bisa membuatnya dengan menekan tombol +File lalu ketikkan nama .htaccess. Tapi kalau sudah ada di direktori web kamu, silakan tinggal langsung kamu edit saja.

Setelah file .htaccess tersebut kamu buka, silakan tambahkan teks di bawah ini ke dalam file .htaccess kamu. Dalam kasus ini, saya ingin mengatur time zone default server saya menjadi Asia/Jakarta.

SetEnv TZ Asia/Jakarta

Untuk daftar time zone lebih lengkap bisa dicek disini.

Setelah itu tinggal simpan file .htaccess kita. Maka kita telah berhasil mengganti time zone di server kita.

Bonus!

Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk mengubah time zone di CPanel kita. Yaitu lewat fitur PHP Selector yang ada di CPanel.

Menu PHP Selector di CPanel
Menu PHP Selector di CPanel

Tinggal diklik saja menu PHP Selectornya. Kemudian jika tidak ada pilihan untuk mengatur time zone, coba klik tombol yang ada di sebelah kanan. Akan ada teks “Switch to PHP Options” atau “Switch to PHP Extensons”. Lalu tinggal dipilih saja time zone yang diinginkan, terakhir klik tombol Save.

Kesimpulan

Itu dia, sedikit penjelasan tentang bagaimana cara merubah time zone server di CPanel. Pada dasarnya, ada beberapa cara untuk mengganti time zone server di CPanel. Tapi, disini saya menerangkan cara setting time zone server yang termudah. Akhirnya, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau mungkin koreksi, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Sampai jumpa di lain kesempatan.

Your subscription could not be saved. Please try again.
Your subscription has been successful.

Berlangganan Email

Dapatkan informasi dan tutorial terbaru saya tentang pemrograman dengan mengisikan alamat email kamu di form berikut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *