Manfaat Website Untuk Bisnis

Manfaat Website Untuk Bisnis

Apa manfaat website untuk bisnis? Kenapa bisnis sekarang ini wajib memiliki website? Artikel ini akan menyadarkan Anda betapa bisnis Anda membutuhkan website. Bagaimana website mampu menunjang keberlangsungan dan perkembangan bisnis Anda.

Di era revolusi industri 4.0 ini, website adalah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis. Jangankan untuk bisnis, bahkan sekarang banyak orang yang sudah memiliki website pribadi mereka.

Kenapa Bisnis Butuh Website?

Oke, mungkin Anda bertanya kenapa bisnis Anda butuh website? Apa untungnya memiliki website untuk bisnis Anda? Mari kita cari tahu kenapa bisnis Anda membutuhkan website, manfaat apa saja yang akan Anda dapatkan jika Anda membuat website untuk bisnis Anda.

Website Online 24 Jam

Manfaat yang paling menonjol jika Anda memiliki website adalah, bahwa website tidak pernah tidur. Itu artinya, jika Anda memiliki website untuk bisnis Anda, maka bisnis Anda akan buka 24jam non-stop dalam sehari.

Ini sama saja Anda memiliki karyawan yang kerja 24jam tanpa henti untuk melayani pelanggan Anda. Dan kerennya lagi, karyawan Anda ini (website) tidak pernah mengenal hari libur! Hari Minggu, tanggal merah, sampai lebaran sekalipun tidak akan pernah libur.

Website Alat Promosi Termurah

Oke, mungkin ini kontroversial buat Anda. Untuk itu, mari kita definisikan dulu kata murah. Kata “Murah” adalah ketika apa yang kita dapatkan melebihi dari apa yang telah kita bayarkan.

Semakin banyak orang melihat bisnis Anda, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Bandingkan jika Anda membuat website yang bisa diakses oleh semua pengguna internet di seluruh dunia. Atau dengan membuat brosur atau baliho yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang di daerah tertentu saja.

Website Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Ya, seperti sudah saya singgung di atas, website mampu menjangkau orang di seluruh dunia, asalkan ada koneksi internet. Ini berarti, dengan memiliki website bisnis Anda akan menjangkau target market yang lebih luas.

Ada klien saya yang bisnisnya adalah furniture kayu, dengan website yang belau buat untuk bisnisnya, beliau mampu mendapatkan pelanggan dari Eropa. Dan tentu saja, pelanggan sejauh itu tentu sayang kalau beli cuma satu, dan kemudian pelanggan itu beli cukup banyak furniture.

Lalu bagaimana kalau bisnis Anda berbasis tempat atau jasa, bukan barang? Tetap bisa! Coba Anda cari di google jasa sumur bor, berapa banyak jasa sumur bor yang memiliki website.

Website Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Ada teman saya, yang kemudian menjadi klien setia saya. Dia tadinya jualan madu dengan menyebarkan brosur dan memanfaatkan media sosial seperti facebook dan instagram. Tapi kemudian, banyak yang menanyakan apakah dia memiliki website. Dan sejak saat itu, dia sadar kalau website dibutuhkan untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas bisnisnya. Dan akhirnya dia meminta saya untuk membuatkan website untuk bisnis madunya.

Ya, sekarang ini mengambil hati calon pembeli sangat sulit. Apalagi ketika berbicara tentang bisnis online atau jualan online, Anda perlu meyakinkan calon pembeli Anda bahwa Anda benar-benar serius dalam menjalankan bisnis. Dan salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan website.

Website Anda ada di Google

Saya punya pertanyaan untuk Anda. Ketika Anda mencari informasi, atau ingin tahu tentang banyak hal, kemana Anda mencari informasi itu? Saya yakin Anda pasti pernah atau bahkan sering ‘bertanya’ ke Google. Ya, saat ini setiap orang selalu mencari informasi secara online. Apalagi dengan canggihnya gadget yang ada saat ini. Bisnis Anda harus ada di ujung jari mereka. Dan itu terjadi jika Anda memiliki website yang tampil di hasil pencarian Google.

Website Sebagai Alat Menunjukkan Produk

Manfaat website yang selanjutnya! Yaitu sebagai alat atau media untuk menunjukkan produk Anda kepada calon pembeli. Dalam hal ini, tentu saja bukan hanya produk berupa barang, tapi juga jasa dan tempat.

Untuk itulah website memiliki banyak jenis. Ada website berbentuk toko online, dimana pelanggan dapat melakukan pembelian barang di website tersebut. Ada lagi website berbentuk company profile yang menampilkan informasi tentang bisnis Anda. Misalnya saja untuk website restoran, kita bisa menampilkan menu dan ada fitur reservasi, dll.

Kompetitor Anda Sudah Punya Website

Terakhir, coba Anda cari kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Maka, Anda akan menemukan banyak kompetitor Anda yang sudah memiliki website. Tentu, Anda tidak mau ketinggalan bukan?

Belum terlambat! Anda bisa memulai dari sekarang, buat website Anda sekarang juga.

Apakah website baru bisa bersaing dengan website yang lebih lama? Jawabannya, tentu saja bisa. Yang penting, kita tahu bagaimana mengoptimasi website kita agar website kita bisa tampil di halaman teratas hasil pencarian Google. Atau istilah kerennya SEO (Search Engine Optimization).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *