Memilih Nama Website untuk Bisnis

Memilih Nama Website untuk Bisnis

Memilih nama website untuk bisnis tidak boleh asal-asalan. Karena nama website kita adalah aset yang sangat berharga di internet. Artikel ini akan memberikan kamu insight bagaimana memilih nama website yang baik untuk bisnis kamu.

Ketika kita ingin membuat image (branding) di internet, maka kita perlu mempunyai website. Namun, untuk membuat website, kita perlu lebih dulu menentukan nama domain untuk website kita. Sayangnya, untuk memilih nama website atau nama domain tidaklah mudah. Mungkin sama pusingnya ketika orang tua memilih nama yang bagus untuk anaknya yang baru lahir.

Memilih Nama Website yang Baik Untuk Bisnis

Nah, artikel ini akan membantu kamu dalam menentukan nama domain yang cocok untuk bisnis kamu. Mari cari tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih nama website yang baik.

Gunakan nama brand

Yang pertama adalah menggunakan nama brand kamu. Karena nama website akan menjadi identitas bisnis kamu di internet. Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakan nama yang brandable sesuai dengan bisnis kamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam melakukan branding dengan mudah.

Setidaknya ada dua cara umum yang bisa kamu gunakan dalam mencari nama website yang brandable.

Buatlah kata baru

Kamu bisa membuat kata atau istilah baru yang mampu menarik perhatian dan setidaknya harus mudah diingat. “Google” dan “Yahoo” adalah dua contoh di antaranya.

Modifikasi kata yang sudah ada

Jika membuat istilah atau kata baru terasa sulit, kamu bisa memodifikasi atau bahkan kombinasi kata-kata yang sudah ada. Yang tentu saja harus mempresentasikan bisnis kamu. “Bukalapak”, “Tokopedia”, dan “Dana” bisa menjadi contoh bagus untuk kasus ini.

Singkat dan mudah diingat

Jika nama website kamu panjang dan sulit diingat, akan sedikit pengunjung yang mengenali nama websitemu. Mungkin mereka juga kesulitan mengeja website kamu.

Bandingkan ketika kita menggunakan nama website yang pendek. Ini akan mempermudah pengunjung dalam mengingat nama website kita. Ketika memilih nama domain, sebaiknya jumlah huruf yang kamu gunakan tidak lebih dari 17 karakter.

Nama website mudah diketik

Ketika kita menggunakan nama website yang singkat dan mudah diingat, maka besar kemungkinan nama website kita juga mudah untuk diketik. Coba kamu perhatikan nama domain ini: boedy-fashion-murah.com

Bagaimana menurut kamu nama domain di atas? Ya, tidak hanya susah diingat, nama website di atas juga susah diketik. Kenapa?

  • Pertama, nama yang digunakan terlalu panjang. Domain di atas menggunakan 25 karakter. Ini jelas terlalu panjang.
  • Kedua, ada tanda hubung (-). Meskipun diperbolehkan, orang akan susah mengingat kalau nama website kamu menggunakan tanda penghubung seperti itu.
  • Ketiga, adanya ejaan yang tidak baku. Daripada menggunakan “boedy”, sebaiknya kita menggunakan kata “budi”.

Gunakan ekstensi yang tepat

Huruf-huruf yang terdapat di belakang domain, seperti .com, .org, dan .net dinamakan dengan ekstensi domain. Meskipun kita bebas memilih mau pakai yang mana, namun sebenarnya extensi domain ini ada peruntukannya atau kategorinya. Seperti .com yang untuk perusahaan atau komersial, .org untuk organisasi, .net untuk usaha atau hal yang berkaitan dengan internet, dll.

Untuk domain komersial .com, memang masih menjadi ekstensi nomor satu hingga saat ini. Oleh karena itu, tidak heran kalau mendapatkan domain dengan ekstensi .com cukup sulit. Apalagi jika domain yang ingin kamu pilih mirip dengan yang dimiliki situs lain. Itu sebabnya banyak orang yang rela membayar domain .com dengan harga selangit. Hal ini karena nama domain memang menjadi aset yang berharga apalagi untuk bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *